10 Peluang Usaha Yang Menguntungkan Di Era Millenial

Share yah!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Share on telegram

Apakah Anda pernah merasa bosan berangkat kerja di pagi hari dan baru pulang saat larut malam?

Mungkin Anda juga mengalami kejenuhan bekerja di kantor sepanjang hari tapi setelah menerima gaji bulanan langsung habis?

Anda merasa putus asa karena tidak ada pemasukan harian dan sulit untuk mengatur keuangan.

Mengapa Anda tidak berpikir untuk memulai bisnis. Jika Anda melihat tentunya banyak sekali usaha atau bisnis yang awalnya berskala kecil dan sekarang sudah menjadi besar. Tidak terbayang berapa untung per bulan dan pemasukan harian yang bisa diputar terus. Tentu saja dengan memiliki bisnis ini Anda harus fokus dan siap untuk meninggalkan pekerjaan tetap.

Tapi masalahnya sekarang adalah, Anda harus mulai usaha atau bisnis apa? Jika melihat sekeliling maka Anda bisa menemukan banyak usaha yang sudah berdiri sejak lama. Anda bisa melihat apakah usaha tersebut semakin maju, biasa saja atau justru mundur.

Karena itu saat akan membuka bisnis maka Anda harus jeli dalam menganalisa peluang usaha. Pastikan peluang usaha yang Anda miliki memang bisa berkembang dan berjangkapanjang. Nah, dibawah ini akan kami berikan bocoran mengenai peluang usaha 2019 yang berpotensi menguntungkan di era millenial ini.

  1. Membuka Toko Online

Bagaimana-cara-membuat-toko-onlinePeluang usaha pertama yang bisa Anda coba adalah dengan membuka toko online. Toko online terus berkembang seiring dengan penyerapan pasar dan kebutuhan yang sulit untuk dibendung. Ditambah lagi berkembangnya beberapa marketplace sebagai fasilitas pasar yang terbuka. Misalnya seperti tokopedia, lazada, bukalapak, shopee, dan masih banyak lagi.

Anda bisa melihat bahwa bisnis online tidak membutuhkan modal besar seperti toko atau ruko. Cukup dengan gadget pintar dan jaringan internet yang lancar sepanjang hari. Anda juga harus fokus dalam membuka toko online karena memang membutuhkan waktu yang lebih banyak.

Produk yang bisa dijadikan barang dagangan juga sangat bervariasi. Anda bisa fokus pada produk fashion, mainan anak, camilan, makanan, minuman, otomotif, kerajinan dan semua jenis produk yang tahan lama.

Pasar untuk bisnis online bisa dijangkau dengan pemasaran secara online lewat sosial media, Instagram, Facebook, Twitter, blog dan masih banyak lagi. Hal yang sangat dibutuhkan dalam mengembangkan pasar online adalah menjadi khusus spesialis pada produk tertentu dan konten yang menarik pelanggan.

  1. Pembuat Konten Sosial Media

Peluang usaha lain yang saat ini banyak digemari kaum millenial adalah pembuat konten yang disiarkan lewat sosial media seperti Instagram, Youtube, Facebook, Twitter dan jenis sosial media yang lain. Untuk membuka jalan bisnis ini maka Anda harus fokus pada sosial media tersebut. Buat nama yang mudah ditemukan dan langsung menunjukkan ciri khas Anda. Kemudian pikirkan mengenai jenis konten yang bisa mendapatkan perhatian dan menjadi viral.

Misalnya seperti konten lawakan, konten lagu, prank, review produk, travelling, buku, kuliner dan masih banyak lagi. Tips lain yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Ide konten yang asli dan kreatif. Pastikan Anda membuat foto atau video yang dihasilkan sendiri. Buat tanda atau watermark pada konten sehingga tidak bisa dibajak kreator yang lain.
  • Konten umum dan tidak sensitif. Kemudian Anda juga harus memikirkan konten umum yang sesuai dengan keahlian Anda dan hindari konten yang sensitif.
  • Manfaatkan cara mendapatkan uang lebih cepat. Misalnya jika Anda menggunakan Youtube maka hidupkan iklan, sementara jika di Instagram bisa menggunaka promo berbayar, paid sponshorship dan jenis promo lain.
  1. Bisnis Rumahan

Untuk bisa mencapai tahap di perusahaan yang besar maka Anda bisa mulai dari langkah yang paling kecil. Misalnya adalah dengan membuat bisnis produk kreatif. Ada banyak bisnis yang bisa Anda buka dengan modal yang kecil sampai modal yang cukup besar. Semua ini bisa Anda pikirkan berdasarkan kemampuan dan kesukaan Anda.

Misalnya pembuatan sepatu, hiasan rambut, desain kaos, sablon, sandal, dan jenis produk lain. Intinya jika Anda membuka bisnis seperti ini maka Anda juga harus menjangkau pasar dengan luas. Sosial media menjadi promosi yang paling tepat dan juga harus menggunakan marketplace yang sudah tersedia.

  1. Bisnis Kuliner

Apakah Anda suka memasak dan sering mengembangkan berbagai ide memasak? Nah Anda tidak perlu jauh-jauh dari kesukaan Anda. Anda bisa mengembangkan bisnis kuliner sesuai dengan kemampuan. Jika Anda masih bekerja di kantor maka bisa mencoba promosi dengan menawarkan pada rekan kerja. Dimulai dari proses pemesanan yang baru dibuat sehingga tidak akan menyia-nyiakan modal Anda.

Hal penting dari bisnis kuliner adalah harus memiliki ciri khas, rasa yang lezat, bahan berkualitas dan sehat dan selalu penuh dengan inovasi. Pastikan juga bisnis Anda tidak sama dengan yang lain sehingga bisa menarik peminat khusus. Misalnya khusus kuliner Aceh, kuliner ayam, kuliner Timur Tengah dan ide-ide yang lain.

  1. Peluang Usaha Bidang Jasa

Saat ini semakin banyak orang yang sibuk bekerja atau beraktifitas sehingga mereka tidak sempat melakukan beberapa pekerjaan rumah atau pekerjaan teknis lain. Nah, Anda bisa mencoba memanfaatkan peluang ini dengan menjadikan ide bisnis yang mantap. Misalnya adalah jasa loundry, jasa katering, jasa menjahit, cleaning service, cuci mobil dan motor, jasa bimbingan belajar, dan masih banyak ide lain.

Dalam mengembangkan bisnis jasa bertumpu pada kepercayaan konsumen, sehingga Anda harus menyediakan pelayanan yang baik dan cepat. Kemudian juga penting untuk menciptakan jaringan konsumen dan calon pelanggan baru. Jangan lupa untuk menciptakan merek yang memang bisa brand yang akan selalu diingat oleh pelanggan Anda.

  1. Bisnis Produk Kreatif

Bisnis dalam bidang industri kreatif memang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan generasi millenial dan generasi Z. Jika Anda bisa melihat sekitar Anda atau dari sosial media maka Anda bisa menemukan ada banyak industri kreatif yang bisa Anda lakukan sesuai dengan minat.

Misalnya saja seperti jasa kreatif seperti pembuatan video, editing video, desain logo, sinematografi, cover musik dan masih banyak lagi. Bahkan juga ada beberapa bisnis yang dikembangkan dari produk bekas, jasa tulis caption sosial media, seni teater, dan industri seni lain.

Karena bidang bisnis ini benar-benar memanfaatkan sisi kreatif maka Anda harus berani keluar dari sarang.  Pastikan Anda membuat ide-ide yang benar-benar bisa menarik minat banyak orang. Dan tentunya juga harus bermanfaat.

  1. Bisnis Franchise

Jika Anda memang memiliki modal yang cukup dan tidak mau repot maka cobalah bergabung dengan bisnis waralaba atau franchise. Bisnis ini lebih mudah dijalankan karena rata-rata bisnis yang ditawarkan sudah memiliki brand yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Anda juga tidak perlu belajar banyak karena biasanya alur bisnis sudah diajarkan sejak awal dan Anda hanya perlu mengikuti saja.

Beberapa bisnis waralaba yang sangat terkenal di tahun 2019 dan masih akan terus berkembang seperti bidang kuliner, minuman kopi atau teh, ekspedisi, dan masih banyak lagi. Hanya saja Anda harus melihat beberapa hal seperti sebaiknya lokasi tidak sama dengan waralaba yang sama, potensi penjualan, minat konsumen dan analisa BEP.

Pada awalnya Anda harus membayar paket waralaba, kemudian mendapatkan beberapa peralatan dan tutorial. Lalu Anda harus menetapkan lokasi berjualan dan siap memulai bisnis.

  1. Bisnis Kopi dan Minuman Kekinian

Bisnis coffeeshop dan minuman kekinian menjadi bisnis yang berkembang pesat dan banyak diminati. Ada banyak jenis coffeeshop yang bisa dikembangkan berdasarkan tema yang Anda pilih. Misalnya konsep kekinian, konsep tradisional, modern, dan kaki lima.

Siapa sangka ternyata kopi menjadi minuman yang banyak disukai semua usia. Karena itu Anda bisa mulai membangun kedai kopi sederhana atau mewah sesuai dengan modal. Baru-baru ini jenis kopi yang diminati memang berasal dari dalam negeri, seperti kopi Aceh Gayo, Batak, Bondowoso, Lawu, Lampung dan masih banyak lagi.

Sementara itu bisnis minuman kekinian juga banyak disukai terutama oleh remaja. Bisnis ini bisa ditawarkan secara franchise atau mandiri. Hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah kebutuhan modal dan analisa BEP.

  1. Bisnis Perantara Jual Beli Barang Hypebeast

Sekarang ini muncul tren yang membuat anak-anak muda rela membeli barang-barang bermerek meskipun harus mengeluarkan banyak uang. Nah Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjadi perantara jual beli  produk hype. Misalnya produk fashion seperti kaos bermerek, sneakers, celana, tas dan masih banyak lagi.

Anda bisa memanfaatkan Instagram untuk mendapatkan penghasilan yang benar-benar sangat menggoda. Misalnya dengan menetapkan tarif posting sebagai feed sebesar 1 juta, insta story 500 ribu rupiah dan masih banyak lagi. Semakin besar jangkauan konsumen yang didapatkan maka Anda bisa menaikkan tarif dari waktu ke waktu.

  1. Bisnis Bidang Pendidikan

Siapa sangka ternyata dalam bidang pendidikan juga bisa menghasilkan ide bisnis yang sangat menarik. Sebenarnya dalam bidang ini memang tidak selalu berhubungan dengan bisnis tapi lebih mempertimbangkan aspek jasa.

Beberapa ide yang bisa Anda coba misalnya jasa kursus online, jasa les privat, jasa belajar bahasa asing, jasa konsultasi skripsi atau thesis dan masih banyak lagi. Hanya saja untuk masuk ke dalam bisnis ini maka Anda harus memiliki kemampuan yang sudah terbukti. Misalnya lulus dari bidang pendidikan, sudah menempuh pendidikan yang sesuai dan bisa dibuktikan dengan ijazah atau sertifikat.

Nah itulah beberapa peluang usaha 2019 yang berpotensi untuk besar dan potensial buat para millenial. Anda bisa memutuskan mana usaha yang akan Anda jalani dengan mempertimbangkan berbagai aspek sebelum mulai bisnis.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Sudah Lama Jualan tapi jarang ada penjualan?

Temukan target market yang tepat agar hasilnya cepat